Selamat Datang Di Blog Puskesmas Setu 2 Dinkes Kab. Bekasi

Sabtu, 06 Agustus 2011

Benarkah Hilangkan Bulu dengan Benang Bahaya Bagi Kesehatan ?

Barrington, Illinois, Salah satu teknik yang digunakan untuk mencabut bulu alis dengan menggunakan benang. Benarkah teknik mencabut bulu alis dengan menggunakan benang bisa berbahaya bagi kesehatan?

Penggunaan benang merupakan alternatif lain dalam mencabut bulu di wajah selain waxing dan pencabutan alami. Teknik ini telah digunakan sejak dulu oleh perempuan di India dan Timur Tengah, yaitu dengan menggunakan benang katun sederhana yang ditempelkan di kulit untuk menarik rambut atau bulu yang tidak diinginkan.

Tapi seiring bertambahnya kepopuleran teknik ini, banyak orang yang melakukannya tanpa keahlian khusus dan tidak memperhatikan kebersihan. Hal ini memicu kekhawatiran dari para ahli mengenai kesehatan dan keselamatan dari konsumen.

"Orang-orang harus berlatih terlebih dahulu dan memiliki lisensi terhadap teknik tersebut untuk keselamatan publik," ujar Susan Stanford dari Texas Department of Licensing and Regulation, seperti dikutip dari Healthland.Time, Rabu (3/8/2011).

Masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan dari teknik ini adalah penggunaan benang secara berulang ke beberapa orang sehingga memicu penyebaran infeksi Staph, penyakit kulit menular lainnya serta pendarahan di wajah akibat kulit yang terjepit oleh benang.

Sementara itu dokter kulit Amy Derick dari Barrington, Illinois menuturkan teknik ini memang lebih lembut di kulit dibandingkan waxing, tapi tetap bisa menimbulkan risiko kesehatan.

"Konsumen perlu menyadari bahwa ada risiko dari teknik ini, karenanya Anda perlu memastikan bahwa benang yang digunakan baru dan bersih serta orang tersebut nmencuci tangan terlebih dahulu sebelum melakukan teknik ini," ungkapnya.

Dibutuhkan waktu sekitar 3-5 menit bagi praktisi untuk melakukan langkah-langkah dasar keselamatan dan kebersihan, serta secara teratur membersihkan sikat alis, gunting dan kursi dengan menggunakan antibakteri.

"Kecantikan erat kaitannya dengan menjaga kebersihan dan prosedur sterilisasi. Jika ingin melakukannya datanglah ke klinik atau salon kecantikan yang bersertifikat," ujar Derick.

0 komentar:

Posting Komentar